Pentingnya Membersihkan Rumah, Bisa Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Pentingnya Membersihkan Rumah, Bisa Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi membersihkan rumah

JAKARTA - Membersihkan dan merapikan rumah mungkin menjadi pekerjaan yang begitu melelahkan, sehingga bisa terasa sangat berat untuk dikerjakan.


Mungkin kamu menganggap kalau membersihkan dan merapikan rumah penting dilakukan untuk menghindari adanya kuman, bakteri, jamur, dan hal yang mengganggu lainnya, sekaligus membuat rumah terlihat tertata dan nyaman untuk ditinggali.


Namun, tahukah kamu kalau kegiatan membersihkan dan merapikan rumah, sehingga membuat rumah jadi bersih dan rapi itu dapat meningkatkan kesehatan mental.


Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (26/12/2020), sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa membersihkan rumah sebenarnya baik untuk menurunkan kecemasan dan stres.


Laporan tersebut juga mengatakan bahwa rumah yang berantakan meningkatkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh manusia.


Rumah yang kotor dan berantakan juga berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang yang menyebabkan ketegangan dan ketidakpastian.


Agar bisa membuatmu mau dan rajin untuk membersihkan dan merapikan rumah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.


1. Membantu melepaskan endorfin


Membersihkan rumah sebenarnya juga merupakan bentuk olahraga yang baik yang mampu melepaskan endorfin alias hormon positif yang membuat bahagia sekaligus penenang.


Jadi, membersihkan rumah membantu membakar kalori ekstra di tubuhmu. Selain itu, pembersihan memberikan rasa kepuasan dalam pikiranmu karena dapat mengatur tempat tinggalmu.


2. Memengaruhi kesehatan mental


Aroma rumahmu yang bersih dan segar berdampak besar pada kesehatan mental dirimu. Jika ada bau yang menyenangkan di ruangan rumahmu, maka itu akan membuat dirimu merasa berenergi, segar dan rileks.


Ilustrasi membersihkan rumahshutterstock Ilustrasi membersihkan rumah


3. Meningkatkan kualitas tidur


Rumah yang rapi mampu membantumu tidur nyenyak, karena ruang yang bebas berantakan meningkatkan energi positif di dalam ruangan yang membantu meningkatkan kualitas tidur.


4. Membersihkan rumah bisa tingkatkan konsentrasi


Ketika segala sesuatunya berantakan di sekitarmu, maka itu akan mengalihkan fokusmu juga.


Jadi, ketika kamu membersihkan rumahmu, mengatur semuanya menjadi terlihat rapi dan menghilangkan semua kekacauan, maka itu juga dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dirimu.


5. Rumah yang bersih dan rapi memberikan kepuasan tersendiri


Ketika membersihkan seluruh ruangan di rumahmu untuk membuatnya teratur dan tidak berantakan, hal itu dapat memberimu rasa pencapaian yang tinggi saat kamu dapat duduk dan melihat-lihat rumahmu yang bersih dan rapi.


 


Kamu bisa merasa bahagia dan bersemangat setelah membersihkan dan merapikan rumah, sehingga bisa memberi efek kepuasan tersendiri.


6. Meningkatkan produktivitas


Membuat rumah menjadi bersih dan rapi berarti akan membuatmu lebih produktif dalam menjalani kehidupan.


Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tinggal dan bekerja di lingkungan yang bersih cenderung lebih fokus dan produktif dalam bekerja, sehingga menghasilkan segala sesuatu yang terbaik.


7. Menghindari alergi


Pembersihan rutin di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi debu dan penyebab iritasi jahat lainnya.


Pekerjaan sederhana seperti menyapu, membersihkan debu, dan menyedot debu akan menghilangkan debu, bulu hewan peliharaan, tungau, dan alergen lain yang dapat menyebabkan gejala flu dan pilek.


Saat menjaga kebersihan rumah, kamu akan merasa lega dan bernapas jauh lebih mudah jika kamu menderita alergi atau asma.


8. Rumah yang bersih dan rapi bisa membuatmu makan lebih sehat


Pernahkah kamu memerhatikan bahwa saat merasa stres, kamu jadi mendambakan makanan cepat saji? Itu adalah respons alami tubuhmu terhadap penyebab stres.


Namun ada kabar baik, membersihkan rumah tidak hanya membuatmu cenderung tidak menginginkan makanan yang buruk untuk dirimu, tetapi juga dapat membantu mengarahkan pilihan yang sehat.


Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Psychology Science dikatakan dapat memberikan orang pilihan makanan. Orang-orang yang bekerja di ruang yang terorganisir dua kali lebih mungkin memilih apel daripada sebatang cokelat daripada mereka yang bekerja di area yang berantakan.


9. Rumah yang bersih membuat pemiliknya akan lebih jarang sakit


Rumah yang bersih menyisakan lebih sedikit tempat untuk kuman dan bakteri bersembunyi. Selain itu, debu dan alergen menumpuk di karpet, tempat tidur, dan pelapis dari waktu ke waktu, berkontribusi pada memburuknya alergi dan asma.


Singkatnya, manfaat kesehatan dari rumah yang bersih sangatlah jelas. Jika kamu ingin menjaga kesehatan diri dan keluarga, maka melakukan kegiatan bersih-bersih rumah secara teratur adalah suatu keharusan.


Jangan hanya menyedot debu dan kotoran, pikirkan juga tentang merapikan permukaan. Semakin banyak barang yang kamu miliki, semakin sulit untuk dibersihkan dan dirapikan.


Estetika yang ramping memudahkan untuk menjaga segala sesuatu benar-benar bersih, yang pada akhirnya membantu kesehatan dirimu.


[Source: Kompas]

Share this:

Newest Post
Disqus Comments